bagaimana memaknai kerja anda?

"Jika seseorang diberi tanggung jawab untuk menjadipenyapu jalan, iaharus melakukan tugasnya seperti apa yang dilakukanoleh pelukisMichelangelo, atau seperti Beethoven mengkomposisikanmusiknya, atauseperti Shakespeare menulis sajaknya. Ia harus menyapujalansedemikian baiknya, sehingga semua penghuni surga danbumi berhentisejenak dan berkata, di sini hidup seorang penyapujalan jempolan yangmelakukan tugasnya dengan baik".- Martin Luther King -

Pada suatu hari, nampak tiga orang tukang batu yangsedang bekerjakeras membangun suatu bangunan.

Tukang pertama, yangberada di palingujung ditanya, "Apa yang sedang anda kerjakan, danbagaimana perasaananda melakukan kerja ini ?" Dia menjawab "Saya sedangmenata batu-batuini menjadi sebuah tembok. Malas juga sebenarnyamelakukan kerja ini.Kalau ada pekerjaan lain yang lebih enak, secepatnyasaya akan pindah".

Tukang kedua, yang berada di sebelahnya juga ditanyapertanyaan yangsama, dan dia menjawab dengan bersungut-sungut "Sayamelakukan suatutugas senilai 5 dollar sejam. Dengan tugas seberat inidan kami harusmelakukannya sepanjang hari, seharusnya kami digajidua kali lipat.Kami merasa hanya sebagai sapi perah, dipaksa bekerjakeras, dannantinya mereka yang mendapatkan hasil paling banyak.....".

Tukang ketiga, dengan pertanyaan yang sama pula,menjawab "Saya sedangmenjadi bagian dari suatu sejarah, di mana setiapdetil dari bangunanini akan saya sentuh sehingga menjadi sempurna. Kelak,apabilabangunan ini sudah jadi, saya akan mengajak anak sayaberjalan-jalandi depannya, dan bisa berkata dengan bangga pada anaksaya, bahwadibalik bangunan megah ini, ada sentuhan dari ayahnyayang membuatnyamenjadi sempurna ........"

Menarik untuk mengambil makna dari cerita diatas. Jikacerita tersebutditarik ke dalam kehidupan karir anda, tukang batuyang manakah yangmirip dengan situasi anda saat ini ?

Tipe tukang pertama, adalah mereka yang diistilahkansebagai OPERATOR.Mereka akan menjalankan tugas berdasarkan apa yangdiperintahkan olehatasan, tapi tidak pernah berpikir apa tujuan yangingin dicapai dariapa yang mereka lakukan tersebut.

Tipe tukang kedua, diistilahkan sebagai MONEY-ACTIONVALUATOR, di manamereka selalu menilai apa yang mereka kerjakan dengansejumlah uang.Seringkali orang-orang seperti ini mengeluh tentangkecilnyapenghasilan mereka dibanding dengan kerja yang merekalakukan, tanpamereka mau melakukan perbaikan.

Dan tipe ketiga, adalah seorang VISIONER, dimanamereka bisa melihatke depan, manfaat besar apa yang bisa mereka raih darihal-hal kecilyang mereka lakukan saat ini.

Sebagai seorang profesional misalnya, kita mempunyaibanyak rekankerja yang sama dengan kita. Tapi MAKNA dari pekerjaanyang kitalakukan setiap hari, akan menggerakkan ATTITUDE kita,dan memberikanHASIL yang berbeda dalam jangka panjang.Pertanyaan penting sebelum anda memulai perjalanankarir anda menujusukses adalah, apakah pekerjaan yang anda lakukansekarang merupakanpekerjaan yang anda dambakan dan senangi ? Adakah rasabangga terhadapapa yang anda kerjakan sekarang ? Jika tidak, makahanya ada duapilihan, yaitu berusaha untuk mencintainya, ataukeluar dari pekerjaananda sekarang dan mencari pilihan karir lain yangsesuai dengankeinginan anda. Jika anda memaksakan bekerja di bidangyang membuatanda merasa tertekan sepanjang hari, hanya karenatidak ada perusahaanlain yang mau menerima anda, maka bersiaplah untukmenderita lebihlama lagi.Bagaimana jika kita bekerja karena uang, bukankahmemang uang adalahsalah satu pendorong kita bekerja ? Memang benar. Tapikita juga perlumenyadari bahwa uang adalah HASIL AKHIR dari suatutindakan yang kitalakukan sebelumnya. Yang perlu kita renungkan disiniadalah bagaimanaattitude kita dalam melakukan tindakan sehari-hari,sebelum kitamenerima upah kita di akhir bulan. Jika kita hanyamenyukai uangnya,bukan pekerjaannya, maka kita akan dengan mudahmenyerah dan mungkinmencoba-coba mencari lowongan baru jika merasa sudahmentok, atau adahalangan yang menghadang di depan.Orang-orang yang mencintai pekerjaannya, selalumencari tantangan barudi dalam karirnya. Jika mereka merasa tantangan merekadi kantor sudahmentok, barulah mereka mencoba mencari hal-hal baruyang bisaditingkatkan dari profesi mereka. Sayang sekalimemang, jumlah orangseperti ini tidak begitu banyak. Kualitas orangseperti ini begitumenonjol dibanding rekan-rekannya, bahkan kualitasnyaseringkaliterdengar hingga keluar perusahaan. sehingga tidakmengherankan jikabanyak perusahaan lain yang juga tertarik dan berusahamembajaknyauntuk pindah ke tempat lain. Dan mereka pun jikaakhirnya mauberpindah, bukan hanya karena iming-iming uang yangmenggiurkan, tapikarena mereka juga melihat kesempatan di tempat laindimana merekamempunyai peluang untuk menjawab tantangan yang lebihbesar.Akhir kata, cobalah untuk melihat ke dalam diri andasaat ini. Apakahmakna pekerjaan bagi anda saat ini ? Dan termasuk typemanakah carakerja anda, operator, money-action valuator, ataukahvisioner ? Belumterlambat untuk mulai berubah dan mencintai pekerjaananda, sertamelakukan yang terbaik demi kesuksesan karir anda kedepan. Suksesuntuk anda !

No comments: