Rahasia Dibalik Perkawinan Nabi Muhammad SAW

Ketika orang-orang mendengar bawah Nabi Muhammad SAWmempunyai banyak istrisemasa hidupnya,banyaklah timbul suara-suara yang sumbang kearah NabiMuhammad SAW.Padahal, kalau mereka mau menelaah lebih dalam untukmengetahui apa rahasiadibalikperkawinan Nabi Muhammad SAW, niscaya mereka akanmengerti dan memaklumiadanya bahkanakan memuji kepintaran strategi dari Nabi besarMuhammad SAW, yaitu :"political and social motives".Perkawinan pertamanya dengan Khadijah dilakukan ketikadia berumur 25 tahundanKhadijah berumur 40 tahun. Selama hampir 25 tahuh,Nabi SAW hanyaberistrikan Khadijah,sampai Khadijah meninggal dunia diumur 65 tahun(semoga Allah memberkahinya).Hanya setelah Nabi SAW berumur lebih dair 50 tahun,barulah nabi SAW mulaimenikah lagi.Dengan demikian jelaslah bahwa jika memang Nabi SAWhanya mencari kesenangansemata,tentulah tidak perlu beliau menunggu sampai berusialebih dari 50 tahun,baru menikah lagi.Tapi Nabi Muhammad SAW tetap mencintai Khadijahselamaa 25 tahun,sampai Khadijah meninggal dunia di usia 65 tahun.Perkawinannya selanjutnya mempunyai banyak motive.Beberapa perkawinanadalah dengantujuan membantu wanita yang suaminya baru sajaterbunuh didalam membelaIslam.Yang lain adalah demi menambah dan mempererat hubungandengan salah satupendukungfanantik Islam, Abu Bakr (semoga Allah memberkahinya).Ada juga dalam upaya membangun hubungan yang baikdengan suku-suku lain yangsemulaberniat memerangi Islam. Sehingga ketika Nabi SAWmengawininya, maka perangpunterhindarkan dan darah pun tak jadi tumpah.

Setidaknya, ada Professor Non-Muslim yangberkesempatan mempelajari secaralangsungmengenai sejarah dan kehidupan Nabi Muhammad SAWberkesimpulan yang berbedadengankesimpulan kaum non-muslim lainnya.John L. Esposito, Professor Religion and Director ofCenter forInternational Studiesat the College of the holly cross, mengatakan bahwahampir keseluruhanperkawinanNabi Muhammad SAW adalah mempunyai misi sosial danpolitik (political andsocial motives)(Islam The straight Path, Oxford University Press,1988).Salah seorang non-muslim lainnya, Caesar E. Farahmenulis sebagai berikut:"In the prime of his youth and adult years Muhammadremained thoroughlydevotedto Khadijah and would have none other for consort".Caesar Farah pun berkesimpulan bahwa perkawinan NabiMuhammad SAW lebihkarenaalasan politis dan alasan menyelamatkan para jandayang suaminya meninggaldalam perang membela Islam.Sehingga memang jika melihat lagi ke sejarah, makadapatlah diketahui apaalasan sebenarnya perkawinan nabi Muhammad SAW.

Berikut ini kita tampilkan nama-nama Istri NabiMuhammad SAW beserta sekilaspenjelasannya:

1.Khadijah: Nabi mengawini Khadijah ketika Nabi masihberumur 25 tahun,sedangkanKhadijah sudah berumur 40 tahun. Khadijah sebelumnyasudah menikah 2 kalisebelum menikahdengan Nabi SAW. Suami pertama Khadijah adalah AbyHaleh Al Tamimy dan suamikeduanya adalahOteaq Almakzomy, keduanya sudah meninggal sehinggamenyebabkan Khadijahmenjadi janda.Lima belas tahun setelah menikah dengan Khadijah, NabiMuhammad SAW pundiangkat menjadi Nabi,yaitu pada umur 40 tahun. Khadijah meninggal padatahun 621 A.D, dimanatahun itu bertepatandengan Mi'raj nya Nabi Muhammad SAW ke Surga. Nabi SAWsangatlah mencintaiKhadija.Sehingga hanya setelah sepeninggalnya Khadijah lahNabi SAW baru maumenikahi wanita lain.

2.SAWDA BINT ZAM'A: Suami pertamanya adalah Al SakranIbn Omro Ibn AbedShamz,yang meninggal beberapa hari setelah kembali dariEthiophia. Umur Sawda BintZam'asudah 65 tahun, tua, miskin dan tidak ada yangmengurusinya.Inilah sebabnya kenapa Nabi SAW menikahinya.

3.AISHA SIDDIQA: Seorang perempuan bernama KholeahBint Hakeem menyarankanagar Nabi SAWmengawini Aisha, putri dari Aby Bakrs, dengan tujuanagar mendekatkanhubungan dengankeluarga Aby Bakr. Waktu itu Aishah sudah bertunangandengan Jober Ibn AlMoteam Ibn Oday,yang pada saat itu adalah seorang Non-Muslim.Orang-orang di Makkah tidaklahkeberatan denganperkawinan Aishah, karena walaupun masih muda, tapisudah cukup dewasa untukmengerti tentangtanggung jawab didalam sebuah perkawinan. NabiMuhammad SAW bertunangan duluselama 2 tahundengan Aishah sebelum kemduian mengawininya. Danbapaknya Aishah, Abu Bakrpun kemudianmenjadi khalifah pertama setelah Nabi SAW meninggal.

4.HAFSAH BINT U'MAR: Hafsah adalah putri dari Umar,khalifah ke dua.Pada mulanya, Umar meminta Usman mengawini anaknya,Hafsah. Tapi Usmanmenolak karenaistrinya baru saja meninggal dan dia belum mau kawinlagi. Umar pun pergimenemui Abu Bakaryang juga menolak untuk mengawini Hafsah. AkhirnyaUmar pun mengadu kepadanabi bahwa Usmandan Abu Bakar tidak mau menikahi anaknya. Nabi SAW punberkata pada Umarbahwa anaknya akanmenikah demikian juga Usman akan kawin lagi. Akhirnya,Usman mengawiniputri Nabi SAW yiatuUmi Kaltsum, dan Hafsah sendiri kawin dengan Nabi SAW.Hal ini membuatUsman dan Umar gembira.

5.ZAINAB BINT KHUZAYMA: Suaminya meninggal pada perangUHUD, meninggalkandia yang miskindengan beberapa orang anak. Dia sudah tua ketika nabiSAW mengawininya. Diameninggal3 bulan setelah perkawinan yaitu pada tahun 625 A.D.

6.SALAMA BINT UMAYYA: Suaminya, Abud Allah Abud AlAssad Ibn Al Mogherab,meninggal dunia,sehingga meninggalkan dia dan anak-anaknya dalamkeadaan miskin. Dia saatitu berumur 65 tahun.Abu Bakar dan beberapa sahabat lainnya meminta diamengawini nya, tapikarena sangat cintanyadia pada suaminya, dia menolak. Baru setelah NabiMuhammad SAW mengawininyadan merawatanak-anaknya, dia bersedia.

7.ZAYNAB BINT JAHSH: Dia adalah putri Bibinya NabiMuhammad SAW, Umamahbinti Abdul Muthalib.Pada awalnya Nabi Muhammad SAW sudah mengatur agarZaynab mengawini ZayedIbn Hereathah Al Kalby.Tapi perkawinan ini kandas ndak lama, dan Nabimenerima wahyu bahwa jikamereka bercerai nabimesti mengawini Zaynab (surat 33:37).

8.JUAYRIYA BINT AL-HARITH: Suami pertamanya adalahMasafeah Ibn Safuan. NabiMuhammad SAWmenghendaki agar kelompok dari Juayreah (Bani AlMostalaq) masuk Islam.Juayreah menjaditahanan ketika Islam menang pada perang Al-Mustalaq(Battle of Al-Mustalaq).Bapak Juayreyah datang pada Nabi SAW dan memberikanuang sebagai penebusanaknya, Juayreyah.Nabi SAW pun meminta sang Bapak agar membiarkanJuayreayah untuk memilih.Ketika diberi hak untuk memilih, Juayreyah menyatakaningin masuk islam danmenyatakan bahwaNabi Muhammad SAW adalah utusan Allah yang terakhir.Akhirnya Nabi punmengawininya,dan Bani Almustalaq pun masuk islam.

9.SAFIYYA BINT HUYAYY: Dia adalah dari kelompok JahudiBani Nadir.Dia sudah menikah dua kali sebelumnya, dan kemudianmenikahi Nabi SAW.Cerita nya cukup menarik, mungkin Insha Allahdisampaikan terpisah.

10.UMMU HABIBA BINT SUFYAN: Suami pertamanya adalahAubed Allah Jahish.Dia adalah anak dari Bibi Rasulullah SAW. Aubed Allahmeninggak di Ethiopia.Raja Ethiopiapun mengatur perkawinan dengan Nabi SAW. Diasebenarnya menikah dengan nabiSAW pada 1 AH,tapi baru pada 7 A.H pindah dan tinggal bersama NabiSAW di Madina, ketikanabi 60 tahun dan dia 35 tahun.

11.MAYMUNA BINT AL-HARITH: Dia masih berumur 36 tahunketika menikah denganNabi Muhammad SAWyang sudah 60 tahun. Suami pertamanya adalah Abu RahmaIbn Abed Alzey.Ketika Nabi SAW membukaMakkah di tahun 630 A.D, dia datang menemui Nabi SAW,masuk Islam danmemintaagar Rasullullah mengawininya. Akibatnya, banyaklahorang Makkah merasaterdorong untuk merimaIslam dan nabi SAW.

12.MARIA AL-QABTIYYA: Dia awalnya adalah orang yangmembantu menanganipermasalahan dirumahRasullullah yang dikirim oleh Raja Mesir. Dia sempatmelahirkan seorang anakyang diberi nama Ibrahim.Ibrahim akhirnya meninggal pada umur 18 bulan. Tigatahun setelah menikah,Nabi SAW meninggal dunia,dan akhirnya meninggal 5 tahun kemudian, tahun 16 A.H.Waktu itu, Umar binKhatab yang menjadiIman sholat Jenazahnya, dan kemudian dimakamkan diAl-Baqi.

(sumber: anwary-islam. com)

1 comment:

Nuke 2991 said...

Assalamu'alaikum w.w.

Alhamdulillah, akhirnya kamu ketemu wisnu. Kemana saja? temen2 pada nyari. Skg posisi dimana? No HP dan ID yahoo brp? Kemarin waktu temu alumni ditanya ama pa Tjipto pembimbing kita.

HPku: 0818 0464 3120
Yahoo: nuke2991@yahoo.com
FS: http://friendster.com/anyibs

Salam

Rudi Teman WimsD4 Cord2 dan GNOMER