KASIHANILAH PARA PECINTA

Sepasang aktivis itu datang menemui saya dgn mataberbinar. Binar cinta ygbersemi di mushalla kampus dan bangku kuliah dan diarak-arakan jalanandemonstrasi untuk reformasi. Di tengah badai politikitu cinta mereka bersemi.Tapi cinta gadis keturunan Arab dgn pemuda Jawa itukandas. Kasih mereka taksampai ke pelaminan. Restu orang tua sang gadis takberkenan meneruskan riwayatasmara putih mereka.

Tragis, tragis sekali. Karena dihati siapapun cinta ygtulus dan suci seperti itu singgah, kita seharusnyamengasihi pemilik hati itu.Sebab itu perasaan yg luhur. Sebab perasaan yg luhurbegitu adalah gejolakkemanusiaan yg direstui di sisi Allah. Sebab karenadirestui itulah RasulullahSAW lantas bersabda : "Tidak ada yg lebih baik bagimereka yg sudah saling jatuhcinta kecuali pernikahan"Islam memang begitu. Sebab ia agama kemanusiaan. Srbabitu pula nilai-nilainyaselalu ramah dab apresiatif terhadap semua gejolakjiwa manusia. Dan sebab cintaadalah perasaan kemanusiaan yg paling luhur.Mengertilah kita mengapa iamendapat ruang sangat luas dalam tata nilai Islam.Itu karena Islam memahami betapa dahsyatnya goncanganjiwa yg dirasakanorang-orang yg sedang jatuh cinta. Tak ada lelah. Takada takut. Tak ada jarak.Tak ada aral. Yang ada hanya hasrat hanya tekad hanyarindu hanya puisi hanyakeindahan. Puisi adalah busur yg mengirimkanpanah-panah asmara ke jantung hatisang kekasih. Rembulan adalah utusan hati yg membawapesan kerinduan yg takpernah lelah melawan waktu.Dua jiwa yg sudah terpaut cinta akan tampak menyatubagaikan api dgn panasnya,salju dgn dinginnya, laut dgn pantainya, rembulan dgncahaya. Mungkin berlebihanatau mungkin memang begitu, tapi siapapun ygmelantunkan bait ini agaknyamewakili perasaan banyak arjuna yg sedang jatuh cinta:separuh nafaskuterbang/bersama dirimu.Bisakah kita membayangkan betapa sakitnya sepasangjiwa yg dipautkan cintalantas dipisah tradisi atau apa saja? TragediZaenuddin dan Hayati dalamTenggelamnya kapal Vanderwijk, atau Qais dan Lailadalam Majnunu Laila, terlalumiris. Sakit. Terlalu sakit. Karena di alam jiwaseharusnya itu mustahil.Tragedi cinta selamanya merupakan tragedi kemanusiaan.Sebab itu memisahkanpasangan suami istri yg saling mencintai adalah misiterbesar syetan. Sebab itumenjodohkan sepasang kekasih yg saling mencintaiadalah tradisi kenabian.

Suatu saat Khalifah Al Mahdi sedang singgahberistirahat dalam perjalanan Hajike Mekkah. Tiba2 seorang pemuda berteriak, "Aku sedangjatuh cinta" MakaAl-Mahdi pun memanggilnya, "Apa masalahmu?" "Akumencintai puteri pamanku daningin menikahinya. Tapi ia menolak karena ibuku bukanArab. Sebab itu aib dalamtradisi kami"Al-Mahdi pun memanggil pamannya dan berkatapadanya,"kamu lihat putera-puteriBani Abbassiyah? ibu-ibu mereka juga banyak yg bukanArab. Lantas apa salahmereka? Sekarang nikahkanlah lelaki ini denganputerimu dan terimalah 20 Dirhamini; 10 Dirham uuntuk aib dan 10 Dirham untuk mahar."(Anis Matta)

No comments: