bekerja keras dan berkecukupan...

Disebuah desa meksiko yg tenang, seorang Amerika ygsedang berlibur melihatseorang nelayan setempat baru pulang dari melaut padapagi harinya.Si Amerika, seorang professor sukses pd sebuahperguruan tinggi bergengsi diAmerika,tidak tahan untuk memberikan wejangan gratis kpd sinelayan."Hai" sapa si Amerika. " Mengapa pagi-2 sudah plg drmelaut?"" Karena saya sudah mendapat cukup ikan, Senor," jawabSi meksiko yg ramahitu,"cukup untuk memberikan makan untuk keluarga saya dansedikit kelebihannyauntuk dijual.Sekarang saya akan makan siang bersama istri saya dan,setelah tidur siangsejenak, saya akan bermain-mainBersama anak-2 saya. Lalu, setelah makan malam, sayaakan pergi ke kedai,menegukSedikit tequila dan bermain gitar bersama teman-2saya. Itu cukup untuksaya, Senor.""Dengarkan saya, kawan," kata Si Professor bisnis." Jika kamu tetap melaut sampai sore, dengan mudahkamu akan mendapatkantangkapan 2 kali lipat.Kamu dpt menjual kelebihannya, menabung uangnya, dandalam waktu 6 bln,atau 9 bln,kamu akan mampu membeli perahu yg bagus dan lebihbesar dan menggajibeberapa awak.Kemudian kamu akan mampu menangkap ikan 4 kali lebihbanyak.Pikirkanlah berapa banyak Tambahan uang yg kamudapatkan! Dalam 1 atau 2tahun ,kamu akan punya modal utk beli perahu kedua danmenggaji awak-2 lain.""Jika kamu mengikuti perencanaan bisnis ini, dlm waktu6 atau 7 tahun kamuakanbangga Menjadi pemilik sebuah armada penangkap ikan ygbesar. Coba bayangkanitu!Lalu kamu sebaiknya memindahkan kantor pusatmu keMeksiko City atau bahkanke LA.Setelah 3 atau 4 tahun di LA., kamu meluncurkanperusahaanmu di bursa sahamdanMembuatmu sebagai CEO, dgn paket penghasilan dan hakpembagian saham ygistimewa.Dalam beberapa tahun - dengarkan ini!-kamu memulaisekema pembelian kembaliSaham-saham,yg akan menjadikanmu seorang multijutawan! Dijamin!Saya ini seorangprofessor ternamapd sebuah sekolah bisnis di Amerika. Saya tahu soal-2beginian."Si nelayan Meksiko itu mendengarkan dgn khusuk apa ygdikatakan olehprofessor Amerika itu dgn mengebu-gebu.

Ketika professor selesai bicara, Si Meksiko bertanya," Tetapi, Senor Professor, apa yg bisa saya lakukandengan berjuta-jutadollar itu ? ""Amigo! Dengan semua duit itu, kamu bisa pensiun. Yeah! Pensiun seumurhidup.Kamu bisa membeli sebuah villa kecil disebuah desanelayan yang indahseperti ini,dan Membeli sebuah perahu kecil untuk pergi memancingpada pagi hari.Setiap hari kamu dapat makan siang bersama istrimu,dan tidur siang sejenaksetelahnyatanpa perlu mengkhawatirkan apapun. Pada sore harikamu dapat melewatkansaat-saatberkualitas bersama anak-2mu dan, setelah makan malam,bermain gitar bersamateman-2mu,meneguk tequila. Yeah!, dengan semua uang itu, kawan,kamu bisa pensiun danhidup senaaang."

"Tetapi, Senor Professor, kan sekarang ini saya sudahbisa begitu".

Mengapa kita percaya bahwa kita harus bekerja begitukeras danMenjadi kaya raya terlebih dahulu, baru kita bisamerasakan berkecukupan?...

No comments: